Oleh Oleh Khas Manado Halal, Kelezatan Khas Sulawesi Utara

Manado merupakan ibukota Sulawesi Utara yang dikenal dengan keindahan alamnya yang memukau. Selain itu, kawasan ini juga dikenal dengan kuliner khasnya yang lezat dan menggoda. Ketika kamu berkunjung ke Manado, selain menikmati pesona alamnya yang menakjubkan, jangan lupa untuk membawa pulang oleh-oleh khas Manado sebagai kenang-kenangan untuk keluarga dan teman-temandi rumah. Apa saja oleh-oleh khas Manado halal yang menggugah selera? Berikut daftarnya!\

Oleh Oleh Khas Manado Halal :

1. Klappertaart: Lezatnya Kue Khas Manado

klappertaart
kompas.com

Klappertaart adalah salah satu oleh-oleh khas Manado yang terkenal. Kue ini sebenarnya adalah kue khas Belanda yang telah disesuaikan dengan budaya Indonesia. Terbuat dari bahan-bahan seperti kelapa muda, tepung, gula, susu, margarin, dan air kelapa, Klappertaart disajikan dalam kondisi dingin. Rasanya yang manis dan teksturnya yang lembut membuatnya menjadi favorit banyak orang. Ketika kamu membawa Klappertaart pulang, pastikan untuk menyimpannya di lemari es agar tetap segar. Harga Klappertaart bervariasi, tergantung ukurannya, dengan kisaran harga antara Rp 15.000 hingga Rp 60.000.

2. Panada: Aroma Portugis di Manado

panada
kompas.com

Satu lagi makanan khas Manado yang sangat populer adalah Panada. Meskipun bukan makanan asli Manado, Panada adalah warisan dari bangsa Portugis yang datang ke Minahasa beberapa abad yang lalu. Kue ini memiliki bentuk mirip pastel, namun isiannya unik, yakni ikan cakalang yang dibumbui dengan panpis, campuran ikan cakalang yang dimasak dengan bawang merah, daun jeruk, kemangi, cabe merah, dan daun bawang. Harga Panada mulai dari Rp 1.250, dengan harga yang lebih tinggi mengindikasikan isian yang lebih banyak.

3. Halua Kenari: Oleh Oleh Khas Manado Halal

halua kenari
cookpad.com

Halua Kenari adalah camilan khas Manado yang terbuat dari kacang kenari, tumbuhan yang tumbuh subur di Sulawesi Utara. Kacang kenari dilapisi dengan gula merah yang telah dilebur, menciptakan rasa gurih dan manis yang khas. Camilan ini mudah ditemukan di toko oleh-oleh Manado dengan harga berkisar antara Rp 10.000 hingga Rp 45.000, tergantung pada ukuran dan beratnya. Halua Kenari sempurna dinikmati dengan segelas teh atau kopi.

4. Pala Manis: Manisan Pala dari Manado

pala manis
tokopedia.com

Pala Manis Manado memiliki tampilan yang unik dibandingkan dengan manisan pala dari daerah lain. Jajanan ini bahkan telah diekspor ke Malaysia dan memiliki rasa yang khas. Terbuat dari buah pala dengan lapisan gula sebagai pemanis, Pala Manis memiliki tekstur mengkilap dan bersih. Harga Pala Manis berkisar antara Rp 7.000 hingga Rp 40.000 per bungkus, tergantung pada ukurannya. Kamu dapat menemukan Pala Manis di berbagai sudut kota Manado, serta di Bandara Sam Ratulangi Manado dan Pelabuhan Bitung.

5. Kacang Goyang: Oleh Oleh Khas Manado Halal

kacang goyang
daerahkita.com

Kacang Goyang adalah variasi dari kacang atom yang dibalut dengan tepung dan dilumuri dengan gula pada lapisan luar, memberikan warna yang beragam. Nama “kacang goyang” berasal dari proses pembuatannya yang melibatkan penggoyangan. Tidak sedikit wisatawan yang memutuskan untuk berburu oleh oleh khas Manado halal yang satu ini.

Di Kotamobagu, Kamu akan menemukan daerah terkenal yang menghasilkan kacang goyang. Bahan-bahan yang digunakan meliputi coklat van houten, gula putih, dan zat pewarna makanan yang aman. Harga kacang goyang berkisar antara Rp 10.000 hingga Rp 25.000.

6. Dodol Amurang: Manisnya Manado

dodol amurang
kaltim.tribunnews.com

Selain Garut, Manado juga terkenal dengan dodolnya, yaitu Dodol Amurang. Dodol Amurang diproduksi secara luas di Kabupaten Minahasa Selatan. Selain banyak diminati masyarakat lokal, Dodol Amurang juga berhasil menarik perhatian wisatawan. Dodol ini terbuat dari gula aren, beras ketan yang dihaluskan, minyak kelapa murni, kacang, dan kayu manis. Dodol Amurang merupakan hidangan wajib dalam acara syukuran di masyarakat Manado. Harga dodol ini berkisar antara Rp 500 hingga Rp 5.000, tergantung pada ukurannya.

7. Cakalang Fufu: Ikan Cakalang Asap Khas Manado

cakalang fufu
tribunnewswiki.com

Cakalang Fufu adalah makanan khas Manado yang terbuat dari ikan cakalang. Salah satu oleh oleh khas Manado halal berikut ini diolah dengan melaluib proses pengasapan, yang dalam bahasa Manado disebut “fufu.” Makanan ini dapat ditemukan di Pelabuhan Nelayan Bitung. Sebelum diasap, ikan cakalang dibersihkan dan sisiknya dibuang. Kemudian, ikan ini dibelah dua dan dibumbui. Proses pengasapan memerlukan waktu sekitar 4 jam. Harga per ikan bervariasi, mulai dari Rp 35.000 hingga Rp 65.000 tergantung pada ukurannya.

8. Sambal Roa: Oleh Oleh Khas Manado Halal

sambal roa
merdeka.com

Sambal Roa adalah sambal khas Manado yang telah terkenal di seluruh Indonesia dan memiliki banyak penggemar. Sesuai dengan sebutannya, sambal ini terbuat dari ikan roa yang telah diasap. Sambal Roa sangat enak dinikmati bersama dengan nasi panas. Tidak jarang sambal ini juga dipilih sebagai salah satu oleh oleh khas Manado halal yang banyak diburu wisatawan.

Di Manado, sambal Roa biasanya disajikan dengan bubur Manado. Sambal ini dapat bertahan hingga enam bulan jika disimpan pada suhu ruangan, dan hingga satu tahun jika disimpan dalam kulkas. Harga sambal ini berkisar antara Rp 55.000 hingga Rp 65.000.

source : https://www.youtube.com/@RepublikWisata

Nah, itulah daftar rekomendasi oleh-oleh khas Manado halal yang wajib kamu coba. Indahnya Manado menjadikan kawasan ini wajib kamu datangi saat hari libur tiba.

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *