Mengungkap Keajaiban 10  Sungai Terpendek di Dunia

Sungai-sungai, sebagai pembentuk lanskap bumi, sering kali menjadi saksi bisu dari berbagai cerita alam yang tak terhitung jumlahnya. Dari pegunungan yang menjulang tinggi hingga lembah yang menawan, setiap sungai menyimpan keunikan dan karakternya sendiri. Dalam kisah eksplorasi alam, satu elemen yang menarik perhatian adalah sungai-sungai terpendek di dunia, yang meski mungkin terlihat sederhana dalam panjangnya, namun memiliki pesona dan keunikan tersendiri.

Mari kita merambah ke alam yang menakjubkan ini dan memulai perjalanan melalui air yang memotong daratan dengan ketulusan. Dalam daftar sungai-sungai terpendek di dunia, setiap aliran air mengungkapkan cerita luar biasa dan pesona alamnya. Pada artikel ini, GoTravelly akan memulai dengan membahas sungai-sungai terpendek yang mengukir namanya dalam sejarah geografi global. Berikut daftarnya.

10 Sungai Terpendek di Dunia :

1. Sungai Tamborasi (Sulawesi Tenggara, Indonesia)

sungai tamborasi
news.detik.com

Sungai Tamborasi, yang terletak di Sulawesi Tenggara, memegang predikat sebagai sungai terpendek di dunia dengan panjang hanya 20 meter dan lebar 15 meter. Sungai ini mengalir ke Laut Flores, menawarkan daya tarik wisata yang unik. Dikelilingi oleh tepian berbatu yang dilapisi oleh hutan hijau dan disertai dengan air yang mengalir sejuk, sungai ini juga menyuguhkan pesona pantai Tamborasi yang dihiasi dengan pasir putih yang memukau.

2. Sungai Kovasselva (Norwegia)

sungai kovasselva
adjar.grid.id

Sungai Kovasselva, yang berada di Norwegia, menjadi salah satu dari 10 sungai terpendek di dunia. Memulai perjalanannya dari Danau Kovassvatnet, sungai ini berakhir di laut Norwegia, dengan panjang yang mencapai hanya 22 meter. Keberadaan Sungai Kovasselva dapat ditemukan di Hitra, pulau terbesar ketujuh di Norwegia. Keunikan alam sekitar dan keberlanjutan ekosistem sungai ini menjadikannya sebagai destinasi menarik untuk para pengunjung yang ingin merasakan keindahan alam Norwegia secara singkat.

3. Sungai Reprua (Georgia) – Sungai Terpendek di Dunia

sungai reprua
goodnewsfromindonesia.id

Berada di urutan ketiga sebagai sungai terpendek di dunia, Sungai Reprua di Georgia menawarkan panorama alam yang menakjubkan. Dengan panjang mencapai 27 meter, sungai ini bermula dari mata air yang terletak di Gua Krubera. Yang membuatnya semakin menarik adalah statusnya sebagai sungai terdalam di dunia, dengan kedalaman mencapai lebih dari 2.300 meter. Selain itu, Sungai Reprua juga memiliki debit air yang cukup besar, mencapai 2.000 liter per detik. Keunikan ini membuatnya menjadi daya tarik bagi para pencinta alam yang ingin menjelajahi keajaiban geologi yang luar biasa.

4. Sungai Ombla (Kroasia) – Sungai Terpendek di Dunia

sungai ombla
travel.okezone.com

Terletak di Kroasia, Sungai Ombla membanggakan dirinya sebagai sungai terpendek keempat di dunia. Mengalir sejauh 30 meter, sungai ini berakhir di Teluk Rijeka Dubrovacka di laut Adriatik. Sumber utama Sungai Ombla berasal dari aliran air tanah dan dialiri oleh Trebisnjica, mencakup cekungan drainase seluas 600 kilometer persegi. Menariknya, Sungai Ombla tidak hanya menjadi bagian integral dari keindahan alam Kroasia, tetapi juga memiliki peran penting sebagai penyedia air minum bagi kota terdekat, Dubrovnik. Keberadaannya menjadi salah satu elemen yang memperkaya ekosistem dan kehidupan sehari-hari masyarakat setempat.

5. Sungai Jezernica (Slovenia)

sungai jezernica
blog.bookingtogo.com

Sungai Jezernica, yang menempati peringkat kelima sebagai sungai terpendek di dunia, menawarkan pesona alam yang khas di negara Slovenia. Dengan panjang mencapai 55 meter, Jezernica merupakan salah satu dari 59 sungai yang memperindah lanskap Slovenia. Menariknya, sungai ini merupakan anak sungai dari Idrijca, yang pada akhirnya bermuara di Laut Adriatik, memberikan sumbangan penting terhadap sistem hidrologi regional. Sumber utama Jezernica berasal dari Wild Lake, sebuah danau dan mata air karst yang memancarkan sumber air bawah tanah. Daya tarik lainnya adalah debit air yang signifikan, mencapai 60 meter kubik per detik, mencerminkan kekayaan alam dan potensi ekologis sungai ini.

6. Sungai Roe (Montana, Amerika Serikat)

sungai roe
travel.tribunnews.com

Melengkapi daftar sungai terpendek di dunia, Sungai Roe di Montana, Amerika Serikat, menarik perhatian dengan keunikan geografinya. Memulai perjalanannya dari Giant Springs, sungai ini membentang sepanjang 61 meter sebelum akhirnya bergabung sebagai anak sungai Missouri. Selain panjangnya yang terbatas, Sungai Roe juga menonjol dengan kedalaman mencapai 2,4 meter di ujungnya, menambahkan dimensi lain dari keanekaragaman hidrologi di wilayah tersebut. Keberadaannya memberikan kontribusi signifikan terhadap ekosistem sungai dan memainkan peran penting dalam keseimbangan ekologi di Montana.

7. Sungai Rio Los Patos (Barahona, Republik Dominika)

Merupakan salah satu dari sungai terpendek di dunia, Sungai Rio Los Patos, dengan panjang 61 meter, menambahkan pesona alami yang khas di Republik Dominika. Alirannya membawa keindahan menuju Laut Karibia, memperkaya pantai Barahona dengan kehadiran air tawar yang tenang dan memikat. Nama “Los Patos” (bebek) diambil dari banyaknya bebek yang dulu berkumpul di sepanjang sungai ini sebelum akhirnya diburu hingga jumlahnya menurun. Cerita ini menambahkan nuansa kisah lokal dan kearifan alam setempat, menciptakan pengalaman berharga bagi pengunjung yang ingin meresapi keunikan Sungai Rio Los Patos.

8. Sungai D (Oregon, Amerika Serikat)

sungai d
offbeatoregon.com

Sungai D, yang berasal dari Devil’s Lake, menawarkan pemandangan yang menarik di Oregon, Amerika Serikat. Dengan panjang mencapai 130 meter, sungai ini mengalir menuju Samudera Pasifik, membelah batas kota Lincoln City. Keberadaannya bukan hanya sekadar sungai terpendek, tetapi juga menjadi lokasi yang unik dengan menjadi tuan rumah bagi dua festival layang-layang terbesar di dunia. Pesona alam dan aktivitas budaya yang terkait dengan Sungai D menciptakan magnet tersendiri bagi wisatawan dan penggemar layang-layang, menunjukkan bahwa sungai-sungai terpendek pun bisa menjadi pusat daya tarik lokal yang menarik bagi masyarakat dan wisatawan.

9. Sungai Azui (Aurora do Tocantins, Brasil) – Sungai Terpendek di Dunia

Sungai Azui, juga dikenal sebagai Sungai Biru, memperlihatkan pesona alam yang luar biasa di kota Aurora do Tocantins, Brasil. Dengan panjang mencapai 147 meter, sungai ini memulai perjalanan airnya dari mata air bawah tanah, memberikan kehidupan kepada lingkungan sekitar. Airnya yang jernih mengalir di atas dasar sungai berbatu, menambahkan daya tarik visual yang khas. Keunikan Sungai Azui terletak pada laju aliran airnya yang mencapai sekitar 11.000 liter per detik, menciptakan pemandangan yang menakjubkan dan memenuhi kebutuhan ekologis dalam sistem hidrologi regional.

10. Sungai Aril (Italia) – Sungai Terpendek di Dunia

sungai aril
visititaly.eu

Sungai Aril, yang oleh penduduk setempat disebut ‘Sungai Ri’, merupakan salah satu sungai terpendek yang membentang sejauh 175 meter di Italia. Keistimewaannya terletak pada keindahan alamnya yang menawan, dengan airnya yang mengalir melalui berbagai sungai air tawar, membentuk kolam kecil yang memberikan suasana yang sejuk dan menenangkan. Mengalir melewati tiga jembatan dan melalui sebuah air terjun kecil, Sungai Aril berakhir dengan indahnya di Danau Garda, yang merupakan danau terbesar di Italia. Keberadaannya tidak hanya memberikan nilai estetika pada pemandangan sekitar, tetapi juga menyediakan habitat yang penting bagi berbagai bentuk kehidupan, menunjukkan bagaimana sungai-sungai terpendek pun dapat memainkan peran penting dalam ekosistem yang lebih besar.

source : https://www.youtube.com/@iNewsVarietyShow

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *