8 Wisata di Pangkep dan Sekitarnya, Menakjubkan!

Pernahkah kamu membayangkan bahwa Sulawesi Selatan memiliki beragam destinasi wisata alam yang menakjubkan? Bagi para wisatawan yang berasal dari pulau Sulawesi, kini tidak perlu lagi pergi jauh ke pulau Bali untuk menikmati pesona pantai pasir putih yang indah. Kabupaten Pangkep menjadi saksi dari kekayaan alamnya, menyuguhkan pantai pasir putih yang tak kalah memukau dari destinasi populer di Bali. Selain itu, Pangkep dan sekitarnya juga menawarkan berbagai tempat menarik yang memberikan pengalaman liburan yang seru dan tak terlupakan. Deretan wisata di Pangkep berikut ini cocok menjadi referensi liburanmu!

8 Wisata di Pangkep dan Sekitarnya :

1. Bulu Sorongan – Wisata di Pangkep

bulu sorongan
makassar.tribunnews.com

Bulu Sorongan merupakan sebuah bukit dengan hamparan rerumputan yang sangat luas. Padang rumput yang mempesona membuat banyak wisatawan datang dan mendirikan tenda. Pemandangan di sekitar Bulu Sorongan sangat menakjubkan, terutama dengan adanya gunung batu yang menjulang tinggi di sebelahnya. Dari atas puncak, wisatawan dapat menikmati pemandangan hamparan bukit hijau yang menyegarkan mata. Jalan menuju Bulu Sorongan juga cukup menantang, menambah keseruan dan kesenangan dalam petualangan wisata. Harga tiket masuknya adalah Rp 50.000.

Alamat: Desa Parenreng, Kec. Segeri, Kab. Pangkep, Sulawesi Selatan.

2. Gua Kalibbong Alloa – Wisata di Pangkep

gua kalibbong aloa
mongabay.co.id

Saat berada di Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung, pastikan untuk menyempatkan diri mengunjungi Gua Kalibbong Alloa. Gua ini bukan hanya menawarkan keunikan stalaktit dan stalagmit yang memukau, tetapi juga keindahan aliran air jernih di dalamnya. Aliran air tersebut memberikan efek yang menakjubkan pada batuan stalaktit dan stalagmit, membentuk lapisan kristal yang mempesona.

Perjalanan masuk ke dalam lorong gua tidak hanya menantang karena melewati celah sempit, tetapi juga melibatkan merangkak dan memanjat tebing dengan kemiringan hingga 90 derajat. Pengalaman ini menambahkan rasa petualangan yang tak terlupakan. Harga tiket masuknya sangat terjangkau, hanya Rp 10.000.

Alamat: Desa Belae, Kec. Minasa Te’ne, Kab. Pangkep, Sulawesi Selatan.

3. Air Terjun Cambang Cui

air terjun cambang cui
travel.okezone.com

Selain keindahan goa, pegunungan, dan telaga, Pangkep juga menawarkan banyak pilihan tempat wisata berupa air terjun, salah satunya adalah Air Terjun Cambang Cui. Air terjun ini menarik perhatian wisatawan dengan keindahan alam di sekitarnya. Meskipun tebing airnya tidak terlalu tinggi, aliran air yang deras menciptakan kolam alami yang menawan.

Pengunjung dapat menikmati kejernihan air kolam alami dan bahkan berenang di dalamnya. Bebatuan di sekitar air terjun sering dijadikan tempat meloncat, menambah keseruan pengalaman liburan. Harga tiket masuknya juga terjangkau, yaitu Rp 10.000.

Alamat: Buhung, Balleangin, Kec. Balocci, Kabupaten Pangkep, Sulawesi Selatan.

4. Pulau Samatellu

pulau samatellu
indonesiatraveler.id

Pangkep tidak hanya menawarkan keindahan daratan, tetapi juga memperkenalkan Pulau Samatellu sebagai destinasi wisata yang terpisah dari pulau utama. Untuk mencapai pulau ini, wisatawan harus menyewa perahu karena jarak yang jauh dari daratan utama. Namun, perjalanan yang cukup jauh dengan speed boat sepadan dengan keindahan alam yang akan ditemui.

Air yang jernih dengan gugusan batu karang yang indah menjadi daya tarik utama Pulau Samatellu. Pengunjung dapat menikmati kebebasan berenang atau menjelajahi pesisir pulau dengan perahu kecil. Bagi yang lebih berani, kegiatan snorkeling dapat menjadi cara terbaik untuk mengeksplorasi keindahan bawah laut di sekitar Pulau Samatellu.

Alamat: Mattiro Walie, Kec. Liukang Tupabbiring Utara, Kab. Pangkep, Sulawesi Selatan.

5. Taman Purbakala Sumpang Bita

taman purbakala sumpang bita
lintasterkini.com

Mari memulai petualangan wisata dengan mengunjungi Taman Purbakala Sumpang Bita, yang terletak dalam satu kawasan dengan Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung. Para wisatawan harus menempuh perjalanan selama 1 jam untuk mencapai lokasi ini. Di taman purbakala ini, wisatawan akan disuguhi dengan aneka peninggalan zaman pra-sejarah yang masih asri, mulai dari fosil mulusca, pecahan tulang, hingga artefak batu. Gua Sumpang Bita dan Gua Bulu Sumi yang telah ada sejak zaman purba juga dapat ditemukan di sini. Harga tiket masuknya terjangkau, yaitu Rp 10.000.

Alamat: Balocci Baru, Kec. Balocci, Kab. Pangkajene Dan Kepulauan, Sulawesi Selatan.

6. Leang Lonrong – Wisata di Pangkep

leang lonrong
makassar.tribunnews.com

Destinasi alam berikutnya yang sangat populer di Pangkep adalah Leang Lonrong. Terletak di dataran tinggi, Leang Lonrong adalah kawasan berbatu yang juga menyajikan tempat pemandian air pegunungan yang segar. Suasana sejuk dengan air yang jernih menjadikan Leang Lonrong sebagai tujuan favorit di akhir pekan untuk sekadar menghilangkan penat. Selain kolam pemandian, terdapat gua stalagmit yang berada di sebelah kolam. Wisata alam ini sangat terjangkau dengan harga tiket Rp 3.000.

Alamat: Panaikang, Kec. Minasatene, Kab. Pangkajene Dan Kepulauan, Sulawesi Selatan.

7. Taman Batu Karst Balocci

taman batu karst balocci
voinews.id

Destinasi hits lainnya di Pangkep yang terbentuk secara alami adalah Taman Batu Karst Balocci. Gugusan batuan karst ini berada di hamparan rerumputan hijau, menciptakan perpaduan antara batu kapur dan vegetasi di sekitarnya yang membuat wisatawan merasa seperti berada di luar planet lain. Meskipun hanya berupa gugusan batu kapur, banyak wisatawan yang datang ke Taman Batu Karst Balocci di sore hari untuk menikmati keindahan alam. Beberapa di antaranya bahkan membawa hammock untuk bersantai. Harga tiket masuknya adalah Rp 10.000.

Alamat: Balleanging, Kec. Balocci, Kab. Pangkajene Dan Kepulauan, Sulawesi Selatan.

8. Pulau Badi

pulau badi
idntimes.com

Salah satu destinasi terakhir yang tidak boleh dilewatkan ketika menjelajahi pesona Pangkep adalah Pulau Badi. Pulau ini bukan hanya populer di kalangan wisatawan lokal, tetapi juga telah meraih ketenaran di telinga para pelancong internasional. Keistimewaan Pulau Badi terletak pada gugusan karang yang menghiasi tepi pantainya, menciptakan lingkungan yang ideal untuk kegiatan snorkeling.

Gugusan karang yang beragam dan warna-warni memberikan pengalaman snorkeling yang luar biasa, memungkinkan wisatawan untuk menyaksikan kehidupan bawah laut yang begitu asri dan indah. Pulau Badi juga berfungsi sebagai pusat rehabilitasi terumbu karang, menjadikannya sebagai sumber informasi yang berharga bagi para wisatawan yang ingin memahami lebih banyak tentang keanekaragaman biota laut.

Selain kecantikan alam bawah lautnya, kehangatan dan keramahan penduduk Pulau Badi menjadi daya tarik tersendiri. Masyarakat setempat yang terkenal ramah memberikan sambutan hangat kepada para pengunjung, menciptakan atmosfer seperti berada di rumah sendiri. Interaksi dengan warga lokal juga memberikan kesempatan bagi wisatawan untuk lebih mendalam memahami budaya dan kehidupan sehari-hari di Pulau Badi.

Sebagai tambahan, Pulau Badi memiliki harga tiket masuk yang bersifat terbuka (gratis), sehingga memungkinkan setiap pengunjung untuk menikmati keindahan alamnya tanpa hambatan. Dengan lokasinya yang terletak di Mattiro Deceng, Kecamatan Liukang Tupabbiring, Kabupaten Pangkep, Sulawesi Selatan, Pulau Badi menawarkan pengalaman wisata laut yang tak terlupakan bagi mereka yang menyukai petualangan di bawah permukaan air. Jadi, jangan lewatkan kesempatan untuk menjelajahi pesona Pulau Badi dan temukan kecantikan laut yang tersembunyi di Pangkep!

source : https://www.youtube.com/@TRANS7Official

Dengan kekayaan alamnya yang begitu beragam, Pangkep dan sekitarnya menawarkan pengalaman wisata alam yang tak terlupakan. Setiap destinasi memiliki daya tariknya sendiri, mulai dari keunikan situs purbakala hingga keindahan alam yang memukau. Jadi, jangan lewatkan kesempatan untuk menjelajahi keajaiban alam Sulawesi Selatan yang tersembunyi di Pangkep!

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *