7 Makanan Khas Mediterania, Tawarkan Menu Sehat Cocok untuk Diet!

Makanan Khas Mediterania – Sobat GoTravelly apabila selama ini kamu selalu menikmati berbagai macam jenis kuliner tentu saja setidaknya kata Mediterranean food pernah terdengar olehmu, bukan?

Makanan Mediterania menjadi salah satu varian hidangan kuliner yang berasal dari negara-negara beriklim sedang yang ada di sekitar kawasan laut Mediterania. Kawasan negara tersebut dikenal memiliki lokasi yang baik untuk menghasilkan segala jenis sayur, buah, serta biji-bijian yang menjadi bahan dasar kuliner mereka.

makanan khas mediterania
unsplash.com

Uniknya, makanan khas Mediterania tersebut lahir dari gabungan kultur dari beberapa negara tersebut. Jadi tidak heran jika menikmati kuliner yang satu ini, kamu akan merasakan sentuhan dari banyak negara, seperti Prancis, Turki, Spanyol, Yunani, dan Portugis.

Tidak hanya itu saja, makanan khas Mediterania semakin menjadi salah satu jenis kuliner yang terkenal dengan hidangan sehatnya. Sajian menu yang minimalis dari Mediterania tersebut sering menjadi varian menu diet untuk para pecinta makanan sehat. Apakah kamu termasuk di dalamnya?

Ciri khas dari hidangan Mediterania adalah penggunaan bahan-bahan tertentu yang selalu ada pada setiap menu. Misalnya, minyak zaitun dan berbagai macam biji-bijian. Sebagai pelengkapnya, makanan Mediterania biasanya menggunakan tambahan seafood, sayur, dan ada juga yang menambahkan sedikit daging merah.  

Penasaran apa saja menu makanan khas Mediterania yang memiliki rasa lezat dan menyehatkan? kali ini GoTravelly telah merangkum beberapa menu pilihan kuliner dari Mediterania yang dapat menjadi referensi hidangan untukmu. yuk, simak berikut ini!

Menu Makanan Khas Mediterania

1. Piyaz – Salad Mediterania dengan Rasa Lembut dan Segar

menu makanan diet khas mediterania
flickr.com

Saat memperhatikan menu makanan yang satu ini, kamu dapat melihat sebuah tampilan hidangan dengan warna cerah. Warna terang dari sebuah hidangan tersebut juga menjadi salah satu ciri khas untuk sajian Mediterania.

Piyaz merupakan salah satu varian salad tradisional yang akan dengan mudah kamu temukan di Turki. Di lansir dari Taste Atlas, salad tersebut menjadi salah satu menu popular dari makanan khas Mediterania.

Istilah Piyaz biasa digunakan untuk merujuk ke pada sebuah kacang kering yang dicampur dengan peterseli, bawang, dan sumac. Di beberapa daerah lain biasanya juga menambahkan saus segar nan lembut yang terbuat dari tahini, air lemon, dan cuka.

Sepiring kacang dengan olahan di atas tersebut juga ditambahkan dengan potongan kecil tomat, telor rebus, dan tentu saja minyak zaitun yang akan membuatnya semakin terasa light.

2. Moussaka – Rasa Creamy yang Super Lezat

moussaka menu makanan mediterania
freepik.com

Menu makanan khas Mediterania selanjutnya adalah sebuah sajian yang popular di Yunani. Sajian kuliner casserole ini memiliki tampilan mirip dengan lasagna. Menurut kisahnya, menu makanan yang satu ini dipercaya berasal dari Timur Tengah yang diperkenalkan ke orang Yunani saat membawa terong di masa lalu.

Biasanya Moussaka menggunakan beberapa macam bahan dasar campuran, namun yang harus ada di hidangan tersebut adalah terong. Apabila terong tidak menjadi bagian dari Moussaka, biasanya akan diganti dengan irisan kentang atau zucchini.

Bahan-bahan yang digunakan lainnya adalah daging cincang, saus bechamel, dan pasta tomat. Semua bahan tersebut dicampur dan dipanggang hingga berubah warna menjadi keemasan.

Menu yang satu ini menjadi salah satu makanan istimewa yang biasanya disuguhkan ketika ada hari perayaan tertentu. Moussaka bisa menjadi pilihan menu makanan diet yang menyehatkan.

3. Greek Salad – Mangkuk dengan Warna Menyegarkan

greek salad menu sehat diet mediterania
unsplash.com

Seperti yang sudah GoTravelly perkenalkan sebelumnya, tentang Mediterania yang memiliki garis iklim terbaik hingga membuatnya menghasilkan berbagai macam sayur dan buah yang segar.

Menu makanan khas Mediterania selanjutnya ini menggunakan berbagai macam bahan dasar hasil bumi mereka. Warna-warni cerah dari sayur dan buah-buahan membuat sajian salad mereka menjadi salah satu varian makanan terkenal yang sangat menyehatkan.

Secara tradisional salad khas Yunani ini dibuat hanya dengan gabungan bahan tomat cincang, mentimun, paprika, dan buah zaitun. Setelah segala macam bahan tersebut dicamput, sentuhan terakhir ada pada keju feta dan minyak zaitun.

Keju feta biasanya akan dipotong kecil menyerupai dadu dan diletakkan menyebar pada bagian salad. Bagaimana sobat GoTravelly, apakah kamu bisa membayangkan kesegaran dari menu yang satu ini?

4. Dolma – Menu Sederhana yang Kaya Rasa

dolma menu mediterania
pexels.com

Menu berikut ini adalah salah satu rupa makanan sederhana dari Mediterania yang patut untuk dicoba. Sebagai salah satu menu kuliner yang telah ada sejak berabad lamanya, Dolma dianggap menu penting.

Menu yang diyakini berasal dari Timur Tengah tersebut, adalah sajian daun gulung yang diisi dengan varian sayuran lain atau isian daging cincang. Namun dibeberapa derah, seperti Turki kamu akan menemukan varian lain di mana sayur terong akan diisi dengan daging giling dan nasi.

Dolma memiliki banyak gaya untuk penyajiannya. Setiap daerah memiliki ciri khasnya masing-masing. Namun apa pun sajian Dolma, tentu saja makanan ini adalah sebuah sajian gulungan sayur yang diisi dengan sesuatu di dalamnya.

5. Falafel – Jajanan Vegan friendly

falafel street food timur tengah
unsplash.com

Beberapa waktu yang lalu salah satu menu makanan dari Timur Tengah yang bernama Falafel ini sempat viral dan ramai dikalangan penikmat kuliner. Bola-bola kecil ini merupakan varian street food yang dikenal memiliki rasa lezat.

Jajanan yang satu ini menjadi salah satu varian kudapan khas Mediteranian yang sangat cocok untuk sobat vegan GoTravelly. Bahannya yang terbuat dari berbagai macam sayuran menjadikannya salah satu kudapan menyehatkan.

Gorengan ini menggunakan bahan dasar buncis cincang atau ada juga yang menggantinya dengan kacang fava sebagai alternatif lain. Bahan tersebut kemudian dibumbui dan dicampur dengan peterseli, ketumbar, jinten, dan bawang bombay cincang.  

Falafel seringkali dinikmati dengan sajian roti lapis pita atau lafa, dan juga ditambahkan sayuran segar atau acar sebagai kondimen. Untuk sausnya, Falafel biasa disuguhkan dengan hummus, tahini atau yoghurt bawang putih.

6. Shakshouka

shakshouka menu diet telor
unsplash.com

Pecinta telor, yuk cobain menu makanan khas Mediterania yang satu ini! Hidangan Shakshouka menonjolkan telor sebagai bahan utamanya. Namun tentu saja menu berwarna cantik ini tidak akan sempurna tampa bahan lainnya, yakni saus tomat pedas yang menggiurkan.

Tampilan dari menu Shakshouka yang tampak mewah ini menjadi salah satu menu hidangan yang muda untuk dibuat. Pertama-tama hal yang harus dilakukan untuk membuat Shakshouka adalah membuat pasta tomatnya terlebih dahulu.

Saus tomat mereka dibuat dengan campuran bawang bombay, tomat, dan bumbu masak yang memberikan rasa otentik. Setelah saus jadi dan mengental, itu menandakan saatnya menambah telor ke dalam pasta saus yang sudah matang. Lalu, biarkan telor tersebus dan masak dengan sempurna di antara saus tomat pedas.

Shakshouka menjadi salah satu menu yang memiliki berbagai macam varian cara penyajian. Setiap daerah yang tersebar di penjuru Afrika Utara dan Timur Tengah memiliki ciri khasnya masing-masing saat memasak menu yang satu ini. Apakah kamu tertarik untuk mencoba Shakshouka?

7. Paella

paella menu makanan khas mediterania
pexels.com

Menu lezat selanjutnya adalah makanan khas Spanyol yang mengenyangkan dan tentu saja memiliki rasa lezat yang nagih. Paella merujuk pada penamaan sebuah menu sajian nasi berwarna kuning dengan berbagai macam lauk pauk yang melengkapinya.

Warna kuning yang melekat pada nasi tersebut dihasilkan dari kunyit yang digunakan sebagai bahan memasak Paella. Mirip dengan nasi kuning kuliner Nusantara kita, ya? serupa tapi tak sama, begitulah kalimat yang tepat untuk menjelaskan Paella.

Saat mencicipi Paella, kamu akan menemukan keunikannya, di mana pada bagian bawah nasi yang tersaji dalam wajan kecil khas mereka tersebut akan ada tekstur renyah hasil dari karamelisasi nasi. Nasi matang yang bertekstur kering pada bagian bawah sajian Paella tersebut, menjadi salah satu ciri khas hidangannya.

Selanjutnya sebagai pelengkap nasi, biasanya akan ditambahkan dengan berbagai topping, seperti makanan laut, sayuran, dan irisan daging. Sebenarnya Paella merupakan kata dari wajan kecil yang digunakan untuk masak sekaligus menyajikan menu tersebut.

source: https://www.youtube.com/@freepiu91

Sobat GoTravelly, itulah 7 menu makanan khas Mediterania yang lezat dan menyehatkan. Di antara varian menu tersebut, apakah sudah ada makanan yang pernah kamu coba atau bahkan kamu berencana untuk mencobanya kali ini?

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *